Selasa, 12 Februari 2008

Apalah arti sebuah nama….

Jadi inget tulisannya Andrea:
Di belahan dunia lain orang boleh mengatakan apalah arti sebuah nama. Namun bagi orang Melayu pedalaman seperti kami, nama amat penting, nama berurusan dengan agama dan dianggap sumber aura.

Ah, bosen banget dah!! Sering banget denger kalimat kayak gitu!
Habis gimana yah… sampe detik ini pun Saya nggak pernah tau sebenernya arti nama Saya tuh apa.
Nih, simak baik2…
Juwita Resty Hapsari N.
Yang saya tau, dinamain Juwita ya karena lahirnya pas hari Jumat Kliwon…
Trus gak lama kemudian Saya tau dari guru bahasa Indonesia kalo Juwita artinya cantik. Wedew….berat banget menanggung nama kayak gitu! Kalo ga sesuai kenyataan gimana coba?? Huhu… itu sih pas jaman2 Saya gak PD. So, Saya ga pernah nulis nama lengkap Saya sebagai Juwita Resty H.N. melainkan J.Resty Hapsari N.
Wekekeke….
Tapi, semenjak Saya SMA….Saya mulai PD. Cuek aja, toh nama yang dikasih orang tua ke kita adalah sebuah harapan. Akhirnya Saya pun mulai menulisnya sebagai Juwita Resty H.N.

Dan hari ini, 12 Februari 2008…
Pak Setiawan kirim SMS
PS: “Pagi ibu calon dokter, kabarnya piye, sehat? Saya mo Tanya nama panjangmu boleh?”

Ju: “Alhamdulillah, baik. Lagi ulangtahun ni, Pak! Hehe, doain ya biar sukses. Nama Saya Juwita Resty Hapsari. Ada apa ya, Pak??”
::: Males banget gak, pamer2 kalo hari ini ultah!! Ya minta doa lah! :D

PS: “Yg bener Ju, tgl 12 ni? Aku doain panjang umur, sehat selalu, byk temen dan selalu saying sama ortu. Km mau minta apa. Ohya, trus artinya apa?”

Ju: “Wah…saya minta doa aja,Pak! Hehe…makasih ya. Btw, arti apa ni pak? Nama Saya? Emang buat apa sih pak kok tanya2 arti segala? Penasaran!”

PS: “Udah, penasarannya disimpen dulu aja. Kamu kasih tau dulu artinya apa”
::: Akhirnya Saya mulai mereka-reka, berdasarkan penjelasan ortu Saya dulu. Saya pun menyusunnya dalam kalimat yang indah.

Ju: “Katanya gini, seorang anak yang cantik/indah yang selalu mendapatkan restu dari Allah SWT dalam mencapai keberhasilan dan selalu bersemangat. Emang buat apa sih, Pak”

Agak lama sih balesnya…………..
PS: “Buat nama anak Saya… Hehe!”

WEW!! Kaget juga. Masa ni bapak mo namain anaknya pake nama Saya?

Ju: “Wah, udah lahir to pak?? Selamat ya! Kapan lahirnya?? Cewe apa cowo?? Turut bahagia ya pak!”
PS: “Ya cewek lah, gimana sih Ju? Klo cowok, aku gak nanya nama panjang kamu. Tapi artinya bagus juga. Boleh gak buat nama anak Saya??”
S p e e c h l e s s ….
Serius ni bapak??
Ju: “Ya boleh aja to pak. Tapi nantinya kalo uda gede harus lebih baik dari Saya ya pak. Amin. Lahirnya hari ini juga??”
::: Kan keren gitu kalo kembaran. Hihihi…
PS: “Hari Sabtu jam 2 pagi, panjang 50 dan berat 39. Pengen pinter kayak kamu gitu. Kabar-kabari Ju,jgn diem aja. Klo gak disms gak pernah ngobrol. OK, met ultah ya moga cepet dapet cowok. Hehe”
:::Tau aja ni bapak kalo Saya masih jomblo! Huahauhaua….

Yah…begitulah kisah yang cukup mengagetkan untuk hari ini.
Dan Saya nggak tau, apakah Pak Setiawan itu jadi menamai anaknya dengan Juwita Resty Hapsari atau nggak.
Yang jelas semoga anaknya nanti kalo udah gede bisa jadi anak yang baik, soleh, pinter, berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa, Negara, dan dunia, dsb dsb…
Amin…

Weitsss!!!
Blum dijelaskan yak!
Siapakah Pak Setiawan itu??
Well… beliau adalah seorang Polisi Militer yang bertugas di Jakarta [di daerah Gambir, dulu pernah juga di Istana Merdeka]. Kebetulan kami bertemu ketika perjalanan Solo-Jakarta. Waktu itu Saya mau NPPT di Trisakti n si Bapak itu baru mudik [sendirian] di Jogja. Umurnya sekitar 30 tahun, anaknya 2… yang 1 masih kecil n yang satu masih di perut. (Itu pas bulan November kmaren)
Pertama tau kalo dia adalah orang yang bakal duduk di sebelah Saya, agak males juga… Secara waktu itu saya masih bete ama yang namanya militer. Tapi lama-kelamaan, pas kita ngobrol, asik juga! Kita banyak bertukar pikiran sepanjang perjalanan Solo-Jakarta. Beliau cukup excited juga mengenai perjalanan hidup Saya yang agak ribet. [Pindah2] Juga cerita mengenai SMA TN.
Beliau pun banyak ngasih tips2 gimana bisa ‘selamet’ di Jakarta, juga tentang gambaran peta Jakarta [walaupun Saya ga ngerti2]. Pokoknya dijelasin secara lengkap dah!! Mungkin beliau heran n takut juga kali ngeliat Saya. Cewek kecil sendirian berani2nya ke Jakarta, Piyeee kalo ilang??! Hihihi….
Kami pun bertukar nomor HP. Dan si Bapak minta kalo Saya ada kesulitan apa pun, bisa langsung menghubungi dia.
Alhamdulillah….
Baik banget yak!!
:D
Dan beneran, selama di Jakarta, Saya dipantau terus, takut kalo Saya ilang keknya! Hihihi… Makasih ya, Pak!!

Saya yakin, Anda bisa jadi suami yang baik buat istri Anda dan Ayah yang baik untuk anak2 Anda. Semoga kelak bisa melahirkan anak2 yang bisa jadi penerus bangsa yang berkualitas. Amin……………… :D

::: Kayak ceramah gini yak! HEhe…
Peace!

7 komentar:

- HQ - kiko - mengatakan...

berarti banget !!!

Jurezz mengatakan...

hohoho. arti nama abang apa hayo?

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Jurezz mengatakan...

mbak tutekx ini kok malah ngiklan nda jelas.....

~||* Abay.Kun mengatakan...

kayaknya spam deh..

Jurezz mengatakan...

gimana cara ngusir yang gini2an??
sangat mengganggu! haiz...

- HQ - kiko - mengatakan...

tebak donk !

Cemburuu

Terkadang, ingin rasanya hidup tanpa gadget, tanpa medsos. Godaannya banyak Cin. Terutama nih, terutama klo liat kesuksesan teman2 jaman ...