Minggu, 02 Maret 2008

nyinom

Apa arti dari nyinom???
Izin menjawab: Siap, Tidak Tahu!! Hihihi...
Saya juga baru denger istilah ini pas lulus SMA.
Mungkin gini kali ya...
Jadi di desa Saya: Demakan, Mojolaban ada istilah Sinoman. Artinya [mungkin] adalah organisasi muda-mudi yang kegiatannya adalah menolong orang [lebih tepatnya warga sekampung] yang sedang memiliki hajat. [nikah, sunat, syukuran, dsb]
Klo nyinom sendiri, mungkin lebih ke kata kerja kali ya... Nyinom: Melakukan kegiatan sinoman.
Insya Allah bener...

Well, dan setelah Saya berbagi cerita ama temen2, ternyata jarang banget ada temen2 yang tergabung dalam Karang Taruna di desanya. Palingan si Jhe ama Winda [secara kita sekabupaten gitu ya!]
Dan banyak opini juga yang muncul pas mereka tahu Saya tergabung dalam Karang Taruna. Ada yang bilang, ih ngapain ikut gituan, dasar buRT, wew...keren banget ada acara gituan, unik ya res... dsb dsb.
Hm...dulunya Saya juga gak mau ikut Karang Taruna. Hingga Saya sadar [haizzzz] bahwa kita hidup tuh harus tolong-menolong, ya Saya ikutan. Lagian lumayan juga toh jadi banyak temennya. Hehe...

Mo cerita aja ah, nyinom tu kaya gimana.
Biasanya kita tuh nyinom klo ada orang yang nikah. Sebelum nyinom ada 2 acara [sebelum hari H pernikahan]
1. Klumpukan Ulem
Yang nikah bagi2 undangan n muda-mudinya bantu nyebarin. [Saya blum pernah dapet tugas ginian, soalnya ngga hapal tetangga sekampung] Wekekkee...
2. Midodareni

Pas nyinom ngapain aja?
Yang jelas kita semua pake seragam. [Keren dahh] Trus ada sinoman putra ama sinoman putri. Tugas sinoman putra tuh bawain makanan dari dapur n tugas sinoman putri mbagiin makanannya ke para undangan.
Kita pun dibagi2 ke dalam beberapa sektor. Dan kita bertanggung jawab pada seluruh undangan yang ada di sektor kita. [jgn sampe ada yang ga kedapetan konsumsi]

Sesi makan pun ada 3.
1. Sesi teh dan snack
2. Sesi Sop
3. Sesi makanan utama [klo di desa saya biasanya nasi, terik, capcay, acar, sambel goreng n kerupuk] Itu uda ditakerin tiap2 piring.
4. Sesi Es Krim/Es Buah

Setelah selesai bertugas dan tamu udah pada pulang, ada acara lagi yaitu Kukut. Itu adalah membereskan meja2 n melipat taplak. [Tapi saya males banget ikut ginian, jadi Saya cuma muter2 doang. Hihihihi]

Klo udah barulah kami makan.... [langsung 4 sesi]
Biasanya klo ada acara nikahan gini, ada hiburan juga. Biasa, campursari plus dangdutan. Wew, udah jam 11 malem, ngantuk, laper, plus dengerin campursari. Wekekeke....!!

Yah...kurang lebih seperti itulah.
Beda kan ama di kota yang mayoritas pake katering apa gak makan prasmanan.
Tapi kata Ibu Saya, dengan sistem acara di desa [pake sinoman] biaya pernikahan yang dikeluarkan emang jauh lebih sedikit dibandingkan yang pake prasmanan...

So... balik modalnya cepet juga!!! Hihihihihi..... :D

Tidak ada komentar:

Cemburuu

Terkadang, ingin rasanya hidup tanpa gadget, tanpa medsos. Godaannya banyak Cin. Terutama nih, terutama klo liat kesuksesan teman2 jaman ...