Sabtu, 06 Oktober 2007

FaRinGiTis,,,


*Gambar dari wikipedia
Artikel ini buat temen saya yang lagi sakit radang tenggorokan!


RADANG TENGGOROKAN
Ada tiga penyebab radang tenggorokan. Masing-masing karena infeksi, iritasi, dan alergi. Gejalanya dapat berupa rasa sakit di bagian tersebut, susah menelan, susah bernapas, batuk, dan demam.

Infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan bisa bersumber dari 3 hal, yakni kesehatan mulut dan gigi, amandel sebagai sumber infeksi, dan sinusitis. Kurang menjaga kebersihan bagian mulut, khususnya gigi, dapat menyebabkan radang tenggorokan. Gigi yang busuk atau berlubang menjadi tempat berkumpulnya kuman. Kuman inilah yang kemudian masuk ke dalam tenggorokan dan menyebabkan infeksi.

Infeksi pada amandel juga dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Amandel sebenarnya sangat berfungsi pada anak usia 4 10 tahun karena ia merupakan bagian dari pertahanan tubuh. Terutama pernapasan bagian atas. Amandel yang sudah tidak berfungsi lagi akan menjadi tempat berkumpulnya kuman sehingga menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Sumber ketiga penyebab infeksi tenggorokan adalah sinusitis. Pada orang dengan sinusitis kronis, lendir akan terus-menerus mengalir di belakang tenggorokan dan hidung. Hal ini menimbulkan iritasi ke tenggorokan dan menyebabkan radang.
Radang tenggorokan karena infeksi harus ditangani dengan menyembuhkan sumbernya.

Selain kuman, radang tenggorokan juga dapat terjadi karena virus, yaitu saat pilek dan flu. Namun, radang tenggorokan akibat pilek dan flu akan hilang dengan sendirinya, seiring sembuhnya penyakit tersebut. Flu ringan dapat berlomba dengan daya tahan tubuh. Artinya, kalau daya tahan tubuh bagus, dia akan membuat pagar sendiri sehingga tidak selalu perlu antibiotik. Tapi, kalau lebih dari seminggu radang tenggorokan yang menyertai flu tidak hilang, apalagi jika ditambah suara serak, bisa dikategorikan serius. Radang bisa turun ke pita suara.

Radang tenggorokan karena kuman dapat menular melalui ludah, sedangkan yang disebabkan virus lewat udara.


Sumber:NOVA

Trus,,, ni ada obat alternatif dari ibu2! HEhehee,,
* Cara tradisional, kumur dengan rebusan air sirih. Atau coba dengan obat kumur Tantum Verde. Kalau Betadine, memang tidak menolong.

* Coba minum :
- kunyit ambil 5 ruas, diparut lalu diperas.
- daun saga secukupnya dicuci, diberi air hangat sedikit diremas2 ambil airnya.
- madu satu sendok makan.
InsyaAllah bisa sembuh dan tidak usah terlalu sering minum antibiotik lagi. Atau kalau nggak mengunyah langsung daun saganya, lalu dibuang sepahnya apabila sudah dikunyah.

* Kalau aku sejak dulu, untuk buka puasa pasti mencari minuman yang hangat, paling tidak yang tidak dingin, agar tidak sakit. Sampai sekarang yang paling cocok : teh manis hangat.

* Untuk Radang yang sudah terlanjur : dikasih rebusan alang-alang..(bisa dicari di pasar tradisional atau carefour). Atau minum Chrysantimum saja, ini ada di supermarket dekat bagian teh. Bentuknya seperti butiran makanan remah-remah, hanya tinggal diseduh air hangat. Lebih oke lagi ditambah makan pepaya yang banyak. Kalau sedang radang, sebaiknya jangan makan es atau makanan dingin.
Sumber: www.dunia-ibu.org

MAy^Frenz....dibaca...dihayati...diresapi!
Mendingan langsung ke Rumah Sakit aja, minta obat, mungkin bakalan dikasih antibiotik! (Sorry aku ga tau, blom dapet farmako)
Trus kalo udah sembuh, satu yang perlu diinget, Jangan Keseringan Begadang, apalagi kalo kamu tau keadaan kamu saat itu lagi gak fit! OKAY??? Love urself,,,

4 komentar:

- HQ - kiko - mengatakan...

mo jadi dokter atau ahli alternatif gak seh?

Jurezz mengatakan...

Yah,,,terkadang obat alternatif itu memang lebih manjur daripada obat2an. Selain nyarinya gampang, murah! Heheheeeeee,,,,!!
Doain aja bang,,,biar bisa jadi dokter yang ahli n pinter juga nyari obat2 alternatif!! Namanya juga collateral,,,klo ada satu jalan tertutup, harus usaha buat cari jalan yg laen!!

Heru Prabowo mengatakan...

thanks, gwa lg radang tenggorokan.

nurseguide mengatakan...

hehehehehehehe........
wajahnya lucu & imut2
tapi postingannya bagus juga.
mt berkarya terus

Cemburuu

Terkadang, ingin rasanya hidup tanpa gadget, tanpa medsos. Godaannya banyak Cin. Terutama nih, terutama klo liat kesuksesan teman2 jaman ...