Senin, 26 November 2007

JAGRA

Yuhuw…akhirnya membahas masalah JAGRA, salah satu keterampilan yang ketika di TN, keterampilan ini menjadi sangat terasah. Apa sih komponen JAGRA itu? Sebenernya, artinya tu JAga GRAha, tapi kok malah BERsih-Bersih Graha! Hehe. Antara lain nih:
1. Nyapu
2. Ngepel
3. Nyiram taneman
4. Bersihin binatu
5. Ngangkat jemuran kalo ujan
6. Ngambil kudapan klo hari libur
7. Ngisi dispenser
8. dsb
Itu dulu, tapi skarang saya mengistilahkan JAGRA sebagai suatu aktivitas untuk bersih-bersih rumah. Mulai dari nyapu,ngepel,bersih2 keramik,nyuci motor,nyuci baju,korvey kamar,ngasuh ponakan,ngangkat galon air minum (ngisi dispenser), dsb. Kebetulan, di rumah juga gak ada pembantu. Sampe2 ada temen saya yang pernah bilang klo saya tu kaya pembantu (Kurang Ajarr emang!!!) Ohya, sekalian mo ngaku di sini deh! Maaf ya orang-orang rumah. Jadi selama ini yang selalu mematahkan gagang pel adalah Saya! Ga sengaja, tiba2 pas ngepel ”Nguiikkk”, eh bengkok deh! (3 kali ni)

Huhu...ada beberapa teman kuliah saya berpendapat ”Enak ya Jur, tinggal di rumah, ga ngekos. Ga usa mikir2 apa.” (Pertanyaan yang cukup membuat saya terhenyak. Halaah..) Itulah kenapa, saya lagi pengen membahas.

Well, secara finansial emang saya gak begitu mikir (Secara klo makan pasti di rumah, kecuali saat2 kepengen dan saat2 tajir) Tapi masalah waktu, saya emang harus pinter2 me-manage. Saya ga 100% yakin bahwa temen2 saya yang ngekos harus bersih2 kos (ga Cuma kamar yaa), nyuci baju sendiri (karna mayoritas pada loundry), dsb.
How bout me? Pagi hari, saya sambut dengan nyapu dan ngepel rumah. Kira2 sampe jam 06.30 pagi. Jam 07.00 berangkat ke kampus. Kira2 jam 13.30 sampe rumah (itu pun kalo gak ada rapat atau kegiatan apapun), langsung makan n nonton Wisata Kuliner.

Jam 15.00-nya langsung Jagra Sore. Kira2 selesai jam 16.00. Habis itu, kalo uda teler banget saya tidur ampe jam 17.00 (klo kebablasan biasanya ampe Maghrib). Trus.... sekitaran jam 18.00-19.00 saya-lah yang bertugas beli makanan buat di rumah. Hohoho.... biasanya nih kalo gak sate, ayam bakar, kentucky ndeso, nasi goreng, mie goreng, dsb. Sambil maem, seperti biasa, ikutan nonton Sinetron Indonesia yang lucu2. Barulah jam 19.30 saya bener2 punya waktu untuk belajar atau gak bikin tugas!! Dan klo udah kaya gini, biasanya jam 21.00 udah ngantukkkk! Tapi klo emang lagi kepepet banget, tahan ampe jam 23.00. Udah gitu, kalo tidur bangunnya mepet. Jam 05.00. So gak ada waktu lagi buat belajar!

Tapi dengan itu semua Saya sangat bersyukur soalnya masih bisa tinggal di rumah. Ga banyak mikir. Hehe, esp bout money for life lah! Dan oleh karena itu, temen2 yang di kos juga harusnya juga lebih bersyukur karena temen2 punya lebih banyak waktu untuk belajar!! Gak Cuma itu, dengan kehidupan kos (yang banyak temennya) saya yakin motivasi belajar bakal lebih tinggi. Soalnya malu kan klo temennya pada belajar trus kita nggak. (Saya alami tuh pas di TN)

Klo di rumah?? Hooo.... banyak godaan! Hihihi, dan saya termasuk satu yang mudah tergoda! (Jangan ditiru!)
Satu lagi, yang jelas, kalo di kos itu, alur informasi bakal lebih gampang. Contoh: Tempat fotokopian handout2 ujian (yang biasanya baru keluar H-1 ujian), trus info ttg kuliah, dsb. Pernah nih kejadian, ada ujian tapi ada bahan yang ternyata saya ngga punya karena handoutnya baru ada malem2 dan adanya di fotokopian deket kampus. Alhasil yang tau anak2 kos, dan klo saya pun mo ngambil, kemaleman banget n kejauhaaaaaaaaannnnn!
Hufffffff...................

Tidak ada komentar:

Cemburuu

Terkadang, ingin rasanya hidup tanpa gadget, tanpa medsos. Godaannya banyak Cin. Terutama nih, terutama klo liat kesuksesan teman2 jaman ...