Kamis, 14 Maret 2013

a.u.b

Opo iku AUB?
Kalo ngga salah tangkep pas dulu stase obgyn, AUB itu Abnormal Uterine Bleeding. Widih, ngeri bukannnn??? Ya iyalah ngeri, sampe bikin stres ngga karuan. Soalnya Saya baru aja mengalaminya.

Untuk orang yang siklus haidnya selalu teratur 28-30 hari, begitu merasa siklusnya terganggu, pasti jiwa dan pikiran ikut terganggu. Belum lagi karena ilmu ilmu obgyn yang (lumayan) masih keinget, jadi begitu merasa sedikit abnormal, pikiran Saya langsung aja merujuk ke macam2 Differential Diagnose, dan beberapa di antaranya mengerikan... Hosshhh.


Jadi begini ceritanya, Saya baru saja haid 2 minggu yang lalu. Tapi,entah mengapa kemarin kok keluar darah lagi. Pertamanya, Saya sangat berpikiran positif. Saya pernah ingat kalau pada masa ovulasi, keluar bercak darah disertai kram pada perut adalah wajar bagi beberapa perempuan. Akhirnya Saya kroscek lagi ke dokter obgyn pribadi, eh calon obgyn, bang Christo TN 8. (konsul onlen gretong hihihi) Abang tersebut pun mengatakan kalau darahnya hanya sedikit dan pas pada masa ovulasi, itu istilah medisnya mittleschmerz. 


APA?? Mittleschmerz....makanan apa lagi tuu? Saya ngga pernah diajarin pas koas dan ngga ada pasien kaya begitu. Yah, terkadang emang pengalaman adalah guru yang terbaik. Setelah Saya cari di internet, definisinya kurang lebih


Mittelschmerz is one-sided, lower abdominal pain associated with ovulation. "Mittelschmerz" is a German word that means "middle pain." The condition occurs midway through a menstrual cycle — about 14 days before your next menstrual period.


TAPI...

Kenapa darahnya semakin banyak dan semakin banyak serta kram perut kiri semakin hebat. Wah, pasti sesuatu terjadi. :( Pikiran udah kemana-mana, panik, bingung, takut, stres. Akhirnya Saya putuskan untuk pergi ke obgyn. Deg-degan setengah mati pas lagi di USG, dan langsung berucap Alhamdulillah ketika obgynnya bilang kalau kandungannya baik... kemungkinan besar ini hormonal saja. I HOPE SO... Insha Allah. 


Ya Allah, berikan padaku kesehatan dan kekuatan selaluuu. Aminn. Kalaupun Saya datang ke obgyn lagi, semoga untuk ANC (AnteNatalCare). Amin amin amin.... :) 


Tidak ada komentar:

Cemburuu

Terkadang, ingin rasanya hidup tanpa gadget, tanpa medsos. Godaannya banyak Cin. Terutama nih, terutama klo liat kesuksesan teman2 jaman ...