Rabu, 14 Januari 2009

PEMBUNUHAN KARAKTER

Terinspirasi dari karya Andrea Hirata ke-4, yaitu Maryamah Karpov.
Saya membaca salah satu kisah mengenai kebiasaan orang Melayu, yaitu memberikan julukan kepada seseorang sesuai dengan ciri khas/kebiasaan/bahkan karena perbuatan mereka. Dan biasanya, julukan yang diberikan kurang enak didengar.

Sama halnya ketika Saya berada di SMA X. Entah kenapa ya, banyak nama teman Saya mengalami metamorfosa. Yang namanya bagus, berubah jadi jelek/aneh. Apalagi yang jelek, tambah jelek. :P

Puncak2nya ketika Saya ada di kelas 2. Dua-Tiga tepatnya. Hampirrrr seisi kelas, namanya berubah semua. Termasuk Saya! Tapi…banyak yang Saya nggak ngerti, kenapa temen2 Saya itu dapet julukan kaya gitu. Saya sendiri, gak terlalu peduli makna julukan tsb, yang jelas klo lagi heboh ngeledekin, ya ngikutttt….

Contohnya nih, Baskoro. Namanya bagus kan. Setelah dia masuk Remix, namanya berubah jadi Koromank. Dan klo dia masuk kelas, kontan seisi kelas bersahut2an “kukk….kukk……kukkk….” Katanya, tampangnya mirip burung hantu. Matanya besar, kepalanya kotak. Jadi dia dapet julukan ganda, satunya lagi PalKot. Herannya, ni manusia ngga pernah marah. Malah dia bersedia menjadi juragan Burger n Es Krim di acara Marvelous. Dan stand kami meraup untung 200%. Hahahaaa….

Klo Saya udah mulai ngejek dia, dia hanya bisa membalas:
“Eh,Res. Kita tuh sejenis tau. Lo gak usah ngejekin gua. Mata lo juga raksasa”
:Sial:
“Klo gua Palkot, lu Pacil Rez!”
:tittttttttttttttt……gak usah lah dijelasin:
Bete juga, hanya karna ukuran baret SMA X Saya ukurannya 52 dan topi PDH selalu di-peniti bagian belakangnya, langsung nama itu mencuat di peredaran.


Contoh berikutnya,Sudaryanto. Semenjak dia masuk di Remix, namanya berubah menjadi Sundaaakkkkkkk. Tapi mengucapkannya rada2 horor gitu. Saya juga gak ngerti ni, kenapa bisa jadi Sundakkk. Apa karna dia menyeramkan? Perasaan sih biasa aja. Btw, jadi inget ada foto korve dimana terjadi suatu kasus: Penemuan Celana Berinisial SDO.
Hihihi… :P

Masih banyak lagi, tapi kebanyakan julukan yang diberikan sopan2. Kenapa sopan? Karena mereka memanggilnya nama Bapak kita masing. Dudulll….sopan dari mana??? Bayangin aja, dari absent pertama sampe terakhir, semua teridentifikasi namanya. Ada yang terima, ada juga yg gak terima dipanggil pake nama bapaknya. Tapi yang kondang tuh, bangsanya Pasiman, Basuno, Musdar, Sumardiyanto, Hari, Muslan, Makmur, dsb.

Ngelesnya gini:
“Penting tau mengenal nama orang tua dari temen kita, biar ntar klo pas PA dan kita ketemu, suasana yang ditimbulkan akan lebih hangat. Makannya harus dibiasakan manggil anaknya dengan nama bapaknya!”
Ya… OK lah, tapi klo sampe dibikin kuis di depan kelas mengenai nama ortu masing???????
::: Melirik tersangka utama Mahatmada! :P :P

4 komentar:

Joulecar mengatakan...

mending kamu dari sma....
aku dari kecil ga pernah ganti julukan,,,,,,

Jurezz mengatakan...

emang dijuluykin apaan?

Ghani mengatakan...

hei..jurezzzzzzz

jumpa lagi dengan saya...
hahaha

jadi inget,yg ngasih komen km kaya bola itu saya kn...hehe

kunjungi blog sy juga y...

Jurezz mengatakan...

GHANI!!!!

IYA,,, kamu yang panggil aku bola.
Hik hik hik...
Trus komen darimu yang aku masukin sebagian ke komen di Year Book... :D :D

Cemburuu

Terkadang, ingin rasanya hidup tanpa gadget, tanpa medsos. Godaannya banyak Cin. Terutama nih, terutama klo liat kesuksesan teman2 jaman ...