Senin, 08 Juli 2013

Sumpah dokter 184

6 Juli 2013

Alhamdulillah, hari ini datang  juga. Perjuangan kuliah dan koas selama 7 tahun akhirnya berujung dengan manis. Tujuh tahun itu ngga sebentar, secara teman2 sengkatan Saya  hanya membutuhkan waktu 6 tahun untuk bisa menjadi dokter. Tapi, buat Saya, pencapaian ini adalah pencapaian yang luar biasa.

Saya ngga pernah bosen dengan kalimat “Hidup ini adalah pilihan, dan setiap pilihan ada konsekuensinya”. Yap, Saya memlih menikah di usia muda, dan Alhamdulillah di usia 23 Saya dikaruniai seorang anak yang luar biasa. Dan Saya pun masih berkewajiban menyelesaikan pendidikan Saya di Kedokteran.

Bisa ngga sih membayangkan, koas sambil momong anak?

Beberapa orang pasti beranggapan “lebay” banget, ya iyalah, ngga pernah ngerasain. Yang jelas butuh perjuangan dan pengorbanan yang luar biasaa. Apalagi pas menjalani koas. Dulu pas masih preklinik, enak aja nikah sambil kuliah. Kalo bolos pun ngga ngefek. Bisa pulang sesuka hati. :D

Sedangkan koas? Ada yang namanya jaga malam, follow up pagi buta, tugas numpuk, ujian tiap minggu, stressor kanan kiri atas bawah. Dan kalo udah dapet jadwal jaga malam, artinya Saya akan berada di RS selama 32 jam. Syukur2 bisa tidur. Hehe…Belum lagi bawaan perlengkapan perang. (Breastpump,botol,cooler bag,dsb) Yang artinya, Saya harus membuang rasa malu untuk ngemis2 ke perawat biar ASIP Saya bisa numpang di kulkas perawat.  Saya juga harus ngemis2 ke partner jaga biar dikasih waktu merah ASI tiap 5 jam. Alhamdulillah, mayoritas mengerti dan mau membantu.

Ohya, Saya jadi ingat bagaimana ASIP Saya diusir dari kulkas KBRT dengan alasan ada yang jijik melihat botol ASI. Astaghfirullah, Saya sampai dipanggil oleh perawat dan disuruh bawa pulang ASInya. Padahal hari itu Saya jaga. Nangis…. T.T

Tapi banyak juga perawat yang dengan ikhlas ngasih bantuan, mulai dari merelakan kulkas, sampai meminjamkan ruangannya. Bahkan mereka juga mengikuti jejak Saya sebagai pejuang ASIP. Subhanallah.
Lanjut ya… itu kan pas lagi jaga. Nah, sepulang jaga, pasti ngantuknya setengah mati. Di saat teman2 Saya bisa tidur nyenyak sepulang jaga, Saya tidak bisa. Sepulang jaga, Saya langsung momong Naufal, menggantikan ibu yang ikut “jaga” semalam. (Jaga Naufal maksudnya) Heheee. Akhirnya, main sama Naufal sambil teklak-tekluk dan sering juga ketiduran. Hihihi, maaf ya Naufal…

Kurang lebih gitu lah tantangan kalo lagi jaga. Nah, banyak juga teman2 Saya yang Tanya, Jures kapan belajar?? Saya Cuma bisa jawab, Ya kalau ada waktu. Kalau Naufal sudah tidur, dan Saya juga ngga ngantuk. Masalahnya, yang terjadi adalah pasti klo Naufal tidur Saya juga ikut tidur. Zzzzz… Yah, Alhamdulillah, sepanjang koas ngga ada masalah akademis yang bermakna. Stase ya ngglinding aja, dapet penguji susah yaaa hajar aja, dapet jackpot ya Alhamdulillah. Ngga ngoyo, ngga mati2an belajar, ngga agresif. Yang penting kalo ditanya penguji, bisa. :P

Hihihi….seru ya jadi koas, tapi susah dijalani.

Belum lagi ada yang namany UKDI. Perjuangan menjadi dokter ngga berhenti di koas, kita harus menjalani UKDI dan bimbingan selama 1 bulan. Sempet minder, teman2 belajar mati2an, bikin pokjar belajar sampe sore. Sedangkan Saya, habis bimbingan, pulang momong anak. Buat Saya anak nomor 1. Belajar bisa kapan aja, sambil tidur juga bisa. #opooo Tapi Alhamdulillah, bisa lulus UKDI dengan nilai 79,5. Sekali lagi, buat Saya ini pencapaian. Alhamdulillah. Kalo kata temen2, Mbak Jures hokinya gede, ngga belajar pun bisa lulus, didoaian Naufal. (Amin…)

Dan akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…. Sumpah Dokter jugaaaa. Alhamdulillah, sampai juga di titik ini.
Semoga ke depannya, diberikan kelancaran dan kemudahan. Diberikan kemampuan untuk  menyeimbangkan antara keluarga dan karir. Yaaa,klo saat ini sih masih keluarga dulu. Terserah orang mau bilang apa. Family is numero uno.

Alhamdulillah, terima kasihhh kepada Ibuku tercinta  yang tidak pernah lelah memberikan dukungan. Terima kasih suamiku yang penuh pengertian, sabar, dan sedia memberi beasiswa sampai ‘anak yatim’ ini bisa jadi dokter. Semoga Allah membalas dengan kebaikan… Amin.


Terima kasih untuk semuanya… :D 

Tidak ada komentar:

Cemburuu

Terkadang, ingin rasanya hidup tanpa gadget, tanpa medsos. Godaannya banyak Cin. Terutama nih, terutama klo liat kesuksesan teman2 jaman ...